Resep Kue Satu Biasa Dan Kue Satu Kacang Hijau

Resep Kue Satu Biasa Dan Kacang Hijau - Hello .. Akhir nya punya kesempatan buat PR LBT lagi  setelah  beberapa bulan sempat vakum + mengundurkan diri dari LBT karena sibuk dengan aktiviti anak anak yang semakin banyak sampe ga bisa komitmen tiap bulan nya untuk setor PR. Tapi lama kangen juga sama teman lama di group LBT dan setelah di komporin dengan banyak pihak..hihi akhirnya  memutuskan untuk masuk lagi. Jadi cerita nya ini PR perdana RESEP IBU setelah came back kerumah lama...

Resep Kue Satu Biasa Dan Kacang Hijau


RESEP IBU baru kali ini dengar yang  nama nya kue satu. Kue satu: salah satu kue kering tradisional Indonesia yang berbahan dasar tepung kacang hijau. Kue Satu mempunyai nama yang berbeda di tiap daerah. DiPontianak biasa disebut Kue Putu Kacang. Didaerah yang lain ada yang menyebutnya kue kacang hijau.  Jika digigit  menimbulkan bunyi kletuk tapi begitu dimulut akan lumer dengan rasa manis dan aroma kacang hijau .*copas dari group LBT.

Kesan pertama cobainnya  rasanya agak pahit sikit yah..huhu , pasti itu karena RESEP IBU terlalu lama sangrai kacang hijaunya. Padahal  rasa nya enak, agak keras gitu tapi pas di gigit bener lumer di mulut. Tapi sayang anak di rumah ngga suka jadi nya ngabisin sendiri kue satu nya, walopun agak pahit sikittt tapi masih boleh dimakan  dari pada di buang kan sayang. RESEP IBU sih suka suka aja,mayan untuk menemani minum teh manis. Tadinya mau buat lagi mau setor yang kue satunya sempurna tapi uda ngga ada waktu sampai waktu deadline setor PRnya. Maafkan daku ibu host kalo setor PR nya gagal ..huhu
Buat temen yang  mau coba ini resep nya yang  RESEP IBU dapat dari group LBT ,Resep nya dari Teh Rosdaniar. Makasihyah  Teh  sudah  share resepnya dan ijin repost resep nya di sini.

Resep Kue Satu Biasa



Kue Satu
Sumber : Resep Ibu

Bahan - Bahan :
150 gram kacang  hijau yg  sudah  di buka kulit nya.
100 grm tepung kacang hijau yang di buat dari  150 grm kacang hijau yang sudah di buka kulitnya diatas
50 grm gula pasir alus (yang dihaluskan pake blender)
2 sdm air

Cara Membuat:
1.Siapkan wajan dalam api kecil.
2. Sangrai kacang sampai harum, sampai warna kuning tua, itu tandanya sudah matang, kalau kecoklatan rasanya sudah agak pahit, warna  kurang cantik lagi.
3.Dinginkan. Haluskan (saya gunakan blender buat biji2an)
4. Saring tepung + siap digunakan.
5.Campur tepung kacang hijau + gula jadi satu tambahkan air aduk rata
6.Siapkan cetakan. Lalu Masukkan adonan kue kedalam cetakan yg sudah di lapisi plastik tadi. Padatkan adonan dan ratakan. . *RESEP IBU pakai cetakan silicon jadi ngga di plastikin lagi. 
7.Keluarkan adonan yg sudah tercetak, susun dalam loyang, dan siap dibakar dalam pre heated oven suhu 120 "C selama lebih kurang 15 menit.
8. Dinginkan kue sebelum dimasukkan ke dalam toples.

Video Resep Kue Putu Kacang


RESEP KUE SATU KACANG HIJAU
Resep Kue Satu Kacang Hijau yang kering berikut ini sangat berbeda dengan kue yang diatas. Cara membuat kue ini sangat simpel tak seperti dibayangkan orang dan bahan yg digunakan cuma ada 4 bahan saja, namun harus punya cetakannya sebelum buat cake dari kacang hijau ini. kenapa nama nya satu ?, wah kalau itu ga tau juga ya, silahkan cari di RESEP IBU deh jawabannya. ok tak panjang lebar ini dia resep masakannya dari kami.
Resep Kue Satu EnakKue Satu Kacang Hijau Enak yang kering
Bahan yang diperlukan :
  1. 200 gram kacang hijau, sangrai dan kupas kulitnya
  2. 175 gram gula halus
  3. 2 sendok makan air
  4. 1/4 sendok teh essence vanili

Resep Cara membuat Kue Satu Kacang Hijau

  1. - Pertama haluskan kacang hijau itu memakai blender atau diulek.
  2. - kemudian Campurkan dengan gula halus, vanili, air. dan Aduk hingga rata lalu ayak
  3. - Selanjutnya cetak adonan dngn cetakan kue satu sambil ditekan-tekan supaya padat.
  4. - Lalu Keluarkan adonan dari cetakan, susun diatas loyang yang diolesi margarin secukupnya
  5. - Setelah loyang penuh panggang dioven ber-suhu 150°C hingga kering.angkat, selesai
Sebaiknya biarkan dulu sampai dingin setelah dikeluarkan dari oven, setelah itu bisa di susun rapi dalam stoples, bisa di cicipi rasa kue khas tradisional ini, kalau di gigit ada bunyi kletuk ( kering ), manis serta rasa kacang hijaunya akan terasa sekali, kue kering lebaran ini adalah salah satu yang selalu ada di saat hari besar  selain kue nastar. semoga  ber-hasil deh mempraktekan Resep Kue Satu Biasa Dan Kue Satu Kacang Hijau ini. Met Mencoba .. ^_*

Tinggalkan Komentar: