Resep Kue Cake Cheddar Keju (Cheese) Butter

Menu Baru Resep Masakan - Cara Membuat Resep Kue Cheddar Keju (Cheese) Butter, Sudah lama rasanya gx makan cake, jadi kangen  makan cake buat temen minum teh. Sebener nya buat cake ini pun dalam rangka mau ngetes oven yg beberapa hari lalu sempet ngambek, mungkin karna terlalu cape masa kemaren kemaren ovennya selalu kerja lembur ngga ada henti nya, tiba tiba timernya gx berfungsi ngga mau berputar , sangkain oven yg sudah di pakai 4 tahun an ini dah mau retire Oooo ternyata setelah di putar putar  kayanya timernya dapat berfungsi lagi. Mangkanya penasaran saya testing aja buat cake, nasib baik bisa dipakai lagi timernya tadi nya baru mau ngumpulin uang untuk beli oven baru tapi kayanya gx jadi deh punya oven baru..huh.... hehe

Resep Kue Cake Cheddar Keju (Cheese) Butter

Cakenya enak lembut, nyesel cuma buat yg kecil , masih mau tapi sudah abis. Mungkin karena uda lama ngga buat cake jadi anak anak semangat makan nya. Apalagi ade Orel yg sudah request minta di buatkan lagi ,cuma Orel  seperti biasa kalo makan cake ngga mau ada topping dan pinggirnya. Jadinya topping sama pinggirnya yah dipotong dan masuk ke mulut emak nya..hehhe. Cake ini pake resep dasar  butter cake aka pound cake yg bahan-bahannya sama semua ukuran nya, cuma Melly tambah dgn cheddar cheese aja deh, karena cuma buat 1/2 resep jadinya pake loyang loaf buatnya.

Cakenya enak , lembut ngga seret makannya tapi ngga cheesy banget seperti kita makan keju (cheese) cake yg pakai cream cheese.. Joom lihat resepnya . ini 1/2 recipenya yah, cakenya kecil, kalo mau banyak buat 2 kali dari resep dibawah. .. ;)
Resep Kue Cake Cheddar Cheese Butter

Cheddar Cheese Butter Cake I
Sumber : Melly


Bahan - Bahannya:
125  gram salted butter
100  gram gula kastor * cocoknya125 gram
3 telur untuk ukuran sedang
100 gram cheddar cheese diparut halus
125  gram tepung
1/2  sdt baking powder
50  ml susu cair

Bahan Topping :
Cheddar cheese secukupnya.

Cake Cheddar Keju (Cheese) Butter

Cara Membuat :
Pertama,.Preheat oven pada suhu 170’c. siapkan loyang oleskan mentega.,kemaren aq pake loyang loaf.
Kedua.Kocok butter sama gula kastor sampe creamy kur-leb 4-5 menit sampe warnanya pucat.
Ketiga.Masukkan telornya satu persatu,sambil di kocok dgn kecepatan rendah,.kalo uda terkocok rata telor nya baru masukkan telor berikutnya sampe telor nya habis.
Keempat, masukkan parutan cheddae cheesenya sambil trus di kocok .
Kelima.Masukkan campuran tepung dan baking powder yang sudah diayak sedikit demi sedikit ,sambil trus dikocok dgn kecepatan rendah.. waktu masukin tepungnya diselingi dengan memasukkan susu cairnya. jadi masukkin tepungnya dulu lalu masukkan susu cair, kemudian tepung lagi begitu seterusnya sampai habis.. Didahului dengan tepung & di akhiri dengan tepung.
Keenam.Tuang adonannya kedalam loyang yg sudah di sediakan. Taburi topping parutan keju diatasnya dan panggang di suhu 170’C selama 35 - 40 menit  atau sesuai dgn oven masing2.. atau dengan menggunakan tes tusuk.
Ketujuh. Kalo sudah mateng,keluarkan dari oven dan biarkan cakenya didlm loyangnya sebentar, lalu keluarkan dari dalam loyang & letakkan diatas cool rack sampe dingin, baru lah dipotong.

Cheddar Cheese Cake II

Bahan I:
  1. 130 gram susu cair (UHT atau fresh)
  2. 40 gram unsalted butter
  3. 125 gram cheddar cheese

Bahan II:
  1. 20 gram tepung terigu protein sedang
  2. 15 gram tepung maizena
  3. 2 kuning telur
  4. 1 sdt air jeruk lemon
Bahan III:
  1. 3 putih telur
  2. 80 gram gula pasir
  3. ¼ sdt  cream of tar-tar

Bahan IV (hiasan):

  1. 1 sdm selai aprikot
  2. 1 sdm air matang

Cara Membuatnya:

  • Pertama, Siapkan loyang 18 cm, olesi dengan mentega, lapisi dgn kertas roti, olesi sekali lagi dgn mentega hingga rata. Lapisi bagian luar dari loyang dengan aluminium foil, pastikan loyang kedap air. Siapkan lah loyang untuk air rendaman, isi dengan air sampai 1/4-nya (ketika memanggang ketinggian air nya tidak boleh melebihi 1/3 tinggi loyang adonan).
  • Kedua. Campur mentega, susu yang cair, dan keju cheddar yang telah diparut (Bahan I) dalam panci kecil, panaskan di atas api sambil diaduk-aduk lah hingga seluruh bahan meleleh dan menyatu. Jaga supaya krim tidak sampai gosong. apabila perlu, matikan api sementara krim diaduk-aduk.
  • Ketiga, Dalam keadaan krim masih hangat, ayak terigu & maizena (Bahan II) kedalam nya. Aduk hingga rata. Masukkan lah kuning telur. Masukkan juga air jeruk. Pastikan seluruh bahan menyatu.
  • Keempat, Masukkan lah loyang berisi air ke oven, nyalakan lah oven dengan suhu 160°C.
  • Kelima, Kocok putih telur, gula pasir &  cream of tar tar hingga ‘soft peak’ saja. Masukkan lah kocokan ini ke adonan. Aduk sampai rata benar. Tuang adonan kedalam loyang.
  • Keenam, Cek loyang apakah sudah cukup hangat. Air rendaman tidak perlu sampai mendidih atau bergolak, cukup hingga ada gelembung-gelembung kecil didasar loyang. Letakkan adonan loyang diatasnya
  • Ketujuh, Panggang selama 50 menit. Tes dgn tusuk gigi. Jika masih kurang matang, dapat ditambahkan 5-10 menit lagi. ketika matang, permukaan cheese cake tetap kuning (tidak berwarna coklat) & ada semu keemasan.
  • Kedelapan, Dalam keadaan hangat, langsung balik adonan. Supaya gx lengket, gunakan selembar serbet kering digunakan untuk membaliknya. dengan Pelan-pelan ya, karena cheese cake ini sangat lembuut sekali.
  • Kesembilan, Penyelesaian: hangatkan selai aprikot dgn air matang diatas kompor (asal hangat & bisa diaduk). Olesi permukaan cheese cake dgn selai, hias dgn buah-buahan sesuai selera Anda.

hem akhirnnya dua resep tentang Resep Kue Cake Cheddar Keju (Cheese) Butter ini telah kami jelaskan tinggal di praktekkan, sesuai dengan selera anda. Met mencoba .. ^_*


Tinggalkan Komentar: